Ikan Betutu Sangat Potensial Sebagai Usaha Keluarga

Kegiatan perikanan khususnya usaha budidaya pembesaran dan pengembangan ikan betutu atau yang lebih dikenal oleh orang Banjar dengan nama Iwak Bakut di wilayah perairan kabupaten Banjar sangat potensial dan cukup menjanjikan untuk dikelola sebagai mata pencaharian sebagai penopang kebutuhan rumah tangga.

Hal ini telah dibuktikan oleh Syarwani seorang pelopor usaha pada bidang budidaya ikan betutu melalui kelompompok usaha Suka Maju yang ada di desa Sungai Pinang Lama kecamatan Sungai Tabuk.

Bupati Banjar HG. Khairul Saleh saat melakukan penen ikan betutu pada Selasa (7/11) di tambak ikan betutu Suka Maju desa Sungai Pinag Lama kecamatan Sungai Tabuk mengatakan, ikan betutu sebagai salah satu ikan yang memiliki kandungan protein hewani yang sangat tinggi menjadi salah satu tren makanan di restoran-restoran yang bergengsi serta berkelas, tidak hanya restoran yang ada di Kalimantan termasuk juga restorang-restoran yang ada diluar pulau Kalimantan.

Menurutnya, kawasan sepanjang aliran sungai Martapura termasuk wilayah kecamatan Sungai Tabuk sangat potensial sebagai wilayah untuk pengembangan dan budidaya ikan betutu, hal ini dapat dilihat dengan keberadaan kelompok usaha tani perikanan Suka Maju yang dipimpin oleh Syarwani dibawah binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Banjar.

Untuk menujang usaha pertanian termasuk usaha pengembangan dan budidaya ikan betutu, pemerintah kabupaten Banjar telah meluncurkan program peningkatan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sistem pengelolaanya langsung di serahkan kepada desa dengan koordinasi pihak kecamatan serta pengawasan pemerintah kabupaten selaku pembuat kebijakan.

Khusus untuk sektor usaha pertanian dan perikanan, Melalui BUMDes Pemerintah daerah akan membantu sebesar Rp. 10 juta bagi setiap desa sebagai bantuan permodalan. Bentuk bantuan tersebut nantinya bervariasi ada yang dibantu atau hibah 100 persen, ada pula yang dibantu 50 persen dengan kredit 50 persen dan ada pula yang dikenakan kredit 100 persen dengan bunga ringan.

Menurut HG. Khairul Saleh, dengan keberadaan BUMDes tersebut nantinya diharapkan dapat meringankan masyarakat dalam menyediakan modal dalam menjalankan usaha, termasuk bagi semua kelomok-kelompok usaha tani yang berbasis kemasyarakatan.

Sementara itu ketua kelompok usaha Suka Maju yang bergerak pada usaha pengembangan dan budi daya ikan betutu Syarwani melaporkan, salah satu tujuan pendirian kelompok tani Suka Maju yang bergerak pada bidang usaha sektor perikanan khususnya pembesaran dan budidaya ikan betutu adalah untuk mencarikan peluang usaha baru bagi masyarakat kabupaten Banjar khususnya masyarakat desa Sungai Pinag Lama kecamatan Sungai Tabuk.

Selain itu Syarwani juga mengungkapkan, kegiatan usaha pembesaran dan budidaya ikan betutu juga dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup petani, memperluas lapangan pekerjaan dan kesempatan berusaha bagi masyarakat setempat, sekaligus salah satu langkah untuk mengoptimalkan lahan sebagai usaha dalam budidaya perikanan.

http://banjarkab.go.id
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s